Essential, Merek Ponsel Buatan Pencipta Android, Dimatikan

PH-1, ponsel buatan Essential (perusahaan besutan pencipta Android, Andy Rubin) yang meluncur di 2017 lalu. [Dok Essential]

Suarabangka.com – Perusahaan rintisan Essential yang didirikan oleh Pencipta Android, Andy Rubin dan memproduksi ponsel dengan merek Essential Phone, akhirnya ditutup.

Perusahaan itu, dalam sebuah blog yang terbit Rabu (12/2/2020), mengatakan bahwa Essential tidak punya rencana yang jelas untuk meluncurkan produk baru.

Pengumuman ini sedikit mengejutkan karena Rubin pada Oktober lalu mengunggah beberapa foto ponsel yang disebutnya sebagai Proyek Gem. Dengan pengumuman ini tampaknya gawai baru tersebut tidak akan meluncur.

Tetapi penjualan ponsel Essential sendiri memang kurang menjanjikan. Di tahun perdananya, 2017, perusahaan itu hanya menjual sekitar 90.000 sampai 100.000 unit ponsel di AS.

Baca Juga : Juventus Masih Angin-Anginan, Sarri Tak Khawatir Dipecat

Dengan ditutupnya Essential, para pemilik PH-1 – ponsel pertama dan satu-satunya dari Essential – tidak akan menerima pembaruan software dan peranti lunak keamanan.

“Ponsel PH-1 kalian akan tetap bisa berfungsi tetapi kami tak lagi menyediakan pembaruan peranti lunak dan layanan lainnya,” tulis Essential dalam blognya.

Andy Rubin sendiri adalah salah satu bos Google yang terlibat dalam penciptaan sistem operasi Android. Ia mundur dari Google pada 2014 lalu dan mendirikan berbagai startup termasuk Essential. [PC Mag]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *