77 Ribu Pelanggan PLN Babel Terima Stimulus Listrik Hingga Desember

PANGKALPINANG – Sebanyak 77.055 pelanggan di PLN di Kepulauan Bangka Belitung menerima stimulus listrik dari Pemerintah hingga Desember 2021.

Jumlah itu diberikan kepada pelanggan rumah tangga subsidi daya 450 VA sebanyak 35.140 pelanggan dan rumah tangga subsidi daya 900 VA sebanyak 41.915 pelanggan.

Sebaran penerima stimulus di masing-masing kabupaten kota antar lain, Pangkalpinang (9.855 pelanggan), Kab. Bangka (8.995 pelanggan), Kab. Bangka Barat (11.844 pelanggan), Kab. Bangka Selatan (9.140 pelanggan), Kab. Bangka Tengah (10.338pelanggan), Kab. Belitung (10.224 pelanggan), Kab. Belitung Timur (8.659pelanggan).

Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW Babel, Mustafrizal mengatakan, pemerintah berkomitmen memberikan keringanan pembayaran/pembelian listrik bagi rumah tangga kecil, pelaku usaha kecil dan menengah serta masyarakat yang bergerak di bidang sosial, bisnis dan industri, dalam upaya Penanganan pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia

Baca Juga  Jumlah Warga Pangkalpinang Terkonfirmasi Covid-19 Masih Tinggi, Pemkot Bahas Lokasi Isoter

“Kami berharap stimulus listrik dari pemerintah ini dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif, serta meningkatkan daya beli masyarakat di tengah Pandemi Covid-19,” ujar Mustafrizal, Jumat (30/7/2021).

Stimulus Ketenagalistrikan ini berlanjut hingga Desember 2021. Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus listrik yang diberikan hingga Desember 2021, besarannya adalah sebagai berikut:

1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Baca Juga  Menteri Pertanian Berharap Sumsel menjadi Penyelamat Pangan Indonesia

Diskon akan diberikan secara langsung kepada pelanggan. Bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara itu, untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di website maupun layanan Whatsapp Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik,”Imbuh Mustafrizal.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri. Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Baca Juga  Terbanyak di Asia Tenggara! PLN Resmikan 21 Unit Green Hydrogen Plant

Adapun dalam memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus, PLN membuka saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *