8 Mainan Yang Dapat Membantu Anak Tumbuh dan Berkembang

SANGAT wajar bila anak kecil menyukai mainan. Itu karena memang karena di usia tersebut mereka ingin mengeksplorasi banyak hal.

Dibandingkan gadget, lebih baik membelikan anak mainan karena beberapa mainan dapat membantunya untuk tumbuh dan berkembang. Berikut merupakan beberapa mainan yang dapat membantu anak untuk berkembang.

1. Wooden Blender

Mainan ini merupakan blender yang dilengkapi dengan perlengkapan lainnya seperti 2 buah yang dapat dipotong-potong lalu disambungkan kembali, pisau maninan, dan gelas. Jadi sangat aman dan nyaman untuk digunakan oleh anak-anak dan dapat melatih kreativitas mereka.
Wooden blender ini merupakan pretend play, jadi anak-anak bermain peran seperti sedang membuat jus beneran sehingga beberapa kemampuan mereka akan terlatih seperti motorik halus dan kasar, koordinasi mata dengan tangan, dan imajinasi. Menggunakan cat dengan warna yang cerah dan menarik sekaligus aman bagi anak, sehingga orang tua tidak perlu khawatir lagi.

Baca Juga  Tahun 2021, DPS Bangun 1.054 Projek Property Syariah dengan Market Size Rp20 Triliun

2. Kereta expres kayu

Kereta sangat disukai oleh anak kecil. Karena itulah direkomendasikan untuk membeli mainan kereta sehingga anak pun senang.

Jika anak senang, maka akan terpancar aura positif dari wajahnya. Hal itu akan membuatnya disukai oleh banyak orang.

3. Balok kayu geometri

Permainan ini melatih kemampuan anak untuk memecahkan masalah. Anak harus memasukan masing-masing bangun ruang sesuai dengan bentuk dan ukuran yang tepat.
Selain melatih kemampuan untuk memecahkan masalah, mainan ini juga dapat mengenalkan anak pada jenis-jenis bangun ruang. Hal ini akan mempermudah anak dalam belajar nantinya

4. Mainan kolintang

Mainan kulintang ini sudah banyak di jual di toko mainan. Banyak juga yang membelinya karena mainan ini dapat melatih beberapa kemampuan pada anak.

Salah satu kemampuan yang akan terlatih adalah kemampuan untuk bermusik. Siapa tahu anak memiliki bakat dalam musik.

Baca Juga  IKA UNPAD Adakan Vaksinasi Massal Gratis Disabilitas di Jawa Barat

5. Puzzle alfabet dan angka

Jika ingin mengenalkan huruf dan angka sebelum masuk ke jenjang pendidikan, maka mainan inilah jawabannya. Dengan memainkan mainan ini, anak akan mengenal tentang huruf dan angka sejak kecil.
Hal ini akan membantunya untuk memasuki jenjang pendidikan nanti. Karena tidak sedikit orang yang terhambat pendidikannya karena tidak mengenal huruf dan angka.

6. Lego

Mainan ini sudah tidak dapat diragukan lagi manfaatnya untuk anak. Mainan ini dapat melatih kreativitas, inovasi, kemampuan untuk memecahkan masalah, kemampuan motorik anak, dan berbagai kemampuan lainnya.

Lego pun sudah memiliki banyak seri sehingga tidak akan membuat anak bosan. Salah satu seri pada lego adalah LegoFrozen.

7. Dokter-dokteran

Jika orang tua menginginkan anak untuk menjadi dokter, maka mainan ini bisa menjadi awal-mulanya. Orang tua berperan sebagai seorang pasien dan anak berperan menjadi seorang dokter.
Jika memainkannya secara rutin, maka anak pun akan memiliki rasa ingin tahu tentang dunia kedokteran dan semakin termotivasi untuk menjadi dokter. Hal ini bisa menjadi pemicu bagi sang anak.

Baca Juga  Intip Tips Matematika dari Medsos

8. Sepak Bola

Bermain sepak bola bukan hanya kesenangan belaka, namun juga melatih beberapa kemampuan yang ada diri anak. Beberapa kemampuan yang dapat terlatih adalah kemampuan motorik, bersosialisasi, berkoordinasi, dll.

Bagi yang memiliki anak laki-laki, direkomendasikan untuk memberikan anak bola sejak anak berusia 2 tahun. Siapa tahu si anak hebat dan berbakat dalam bermain sepak bola.

Itulah 8 mainan yang dapat membantu anak dalam tumbuh dan berkembang. Mana mainan favorit anakmu? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *