KPU Basel Libatkan 130 Emak – Emak Lipat Kertas Suara

TOBOALI – Pelipatan kertas suara mulai dilakukan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan di gudang logistik KPU setempat. Pelipatan melibatkan 130 orang pekerja dari emak-emak berusia 20 tahun hingga berusia 50 tahun.

Ketua KPU Bangka Selatan, Muhidin mengatakan, pelipatan kertas surat suara kali ini diawali dengan kertas surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024.

“Pelipatan surat suara ini melibatkan seluruh warga Bangka Selatan yang telah mendaftar ke KPU. Dalam pelipatan surat suara kita bagi beberapa tim,” jelas Muhidin kepada Mediaqu, Rabu (3/1/24).

Baca Juga  Toboali Raih Piala Adipura Ke-4

KPU Bangka Selatan sengaja memilih emak-emak sebagai petugas pelipat surat suara karena dianggap lebih cekatan dan berpengalaman. Adapun jumlah surat suara yang dilipat adalah surat suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dengan total 761.220.

“Kita pilih ibu-ibu karena sebelumnya sudah pernah sebagai pelipat suarat suara pada tahun lalu, jadi mereka sudah mempunyai pengalaman dan biasanya, mereka rapih dan cekatan,” jelas Muhidin.

Sebelumnya, personel Polres Bangka Selatan yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata melaksanakan pengamanan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024, di gudang Logistik Pemilu Kabupaten Selatan, Rabu (3/1/2024).

Baca Juga  KPU Babar Musnahkan 1.074 Surat Suara Rusak

Kapolres Bangka Selatan AKBP Toni Sarjaka melalui Kasi Humas Polres, IPDA Budi menjelaskan bahwa proses penyortiran dan pelipatan surat suara dimulai sejak tangga; 2 Januari 2023, mulai 07.00 sampai 16.30 wib.

“Pelipatan surat suara sejak tanggal 2 Januari 2024 sampai dengan tanggal 12 Januari 2024 Polres Bangka Selatan mengerahkan sebanyak 6 orang personil, 2 diantaranya adalah Polwan untuk pengamanan,” ujar Budi kepada Mediaqu. (suf/mediaqu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *