Pangkalpinang Mencemaskan! RSUP Ir. Soekarno Tambah Tempat Tidur

SUNGAILIAT – Angka terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus menanjak. Pemerintah Provinsi segera menambah kapasitas tempat tidur.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa kepada suarabangka.com, mengatakan jumlah warga Bangka Belitung yang terpapar Covid-19 hari ini tercatat sebanyak 857 orang.

“Kasus terkonfirmasi terbanyak Kota Pangkalpinang 294 kasus, disusul Kabupaten Belitung 161, Bangka 135, Bateng 77, Beltim, 72, Basel 63 dan Babar 55 kasus,” kata Mikron, Rabu (4/8/2021).

Sementara yang meninggal, lanjutnya sebanyak 17 orang. Dengan rincian Bangka 5, Basel 3, Belitung 3, Pangkalpinang 3, Bateng 2 dan Babar 1 orang.

Baca Juga  Masyarakat Jada Sampaikan Minimnya Pembangunan Infrastruktur

Sementara Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, saat meninjau RSUD Ir. Soekarno, di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Rabu, memastikan segera menambah kapasitas ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

“Ruang isolasi berat baru ada 25 tempat tidur, sehingga harus ditambah,” ungkapnya.

Erzaldi menargetkan rumah sakit ini bisa menampung 50 pasien dalam kondisi berat dan 50 pasien dalam kondisi sedang,” katanya.

Langkah tersebut, lanjutnya harus didukung masyarakat dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan.

Baca Juga  Aktivitas PIP di Pulau Mengkubung Tak Terkendali, Diduga Ada Setoran ke Oknum Tertentu

“Ikuti aturan yang ditentukan oleh pemerintah dalam menjalankan PPKM Level 3 dan 4 di Babel. Kunci keberhasilan adalah kebersamaan kita bersama untuk mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

Sementara itu, Plt. Direktur RSUP Dr. (H.C) Ir. Soekarno, Bahrun Siregar Sutrisno mengatakan kondisi Instalasi Covid di RSUP memiliki daya tampung sebanyak 100 tempat tidur, dengan rincian 75 tempat tidur untuk penanganan pasien yang mengalami gejala sedang, sedangkan 25 tempat tidur untuk penanganan pasien gejala berat.

Baca Juga  Erzaldi Apresiasi Isyarat Coffee Beri Pendidikan Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas

“Mengingat tingkat kasus terpapar Covid -19 meningkat, maka pihak rumah sakit menambah sebanyak 10 tempat tidur untuk isolasi sedang,” ujar Bahrun.

Kondisi saat ini ruang isolasi sedang telah menampung sebanyak 56 pasien. Maka Bahrun memgaku jika ada penambahan ruang untuk 25 tempat tidur. (fh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *