Pj Gubernur DKI Jakarta Berterima Kasih Jakarta Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah HPN 2024

JAKARTA – Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan peran pers sangat krusial dalam mengawal demokrasi dan transisi kepemimpinan melalui penyajian informasi yang akurat dan objektif di tengah pesatnya kemajuan teknologi serta gelombang besarnya informasi.

“Mewakili masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, saya mengucapkan terima kasih atas kehormatan yang telah diberikan kepada Jakarta untuk menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024,”ujar Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada acara “Konvensi Nasional Media Massa HPN 2024” yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan Sekda DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta, Senin (19/2).

Acara konvensi nasional tersebut dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi. Hadir pada acara tersebut, Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ketua-ketua PWI dari 38 provinsi dan cabang khusus Solo serta tokoh-tokoh pers nasional.

Baca Juga  Pilkada Berpotensi Satu Putaran: Tiga Faktor Ini Jadi Penentu

Dikatakan, konvensi nasional media massa HPN 2024 berperan strategis untuk mempertemukan berbagai pemangku kepentingan pers mulai dari media, pemerintah dan para pelaku usaha di bidang pers digital.

Menurut Heru Budi Hartono, tema yang diangkat dalam konvensi nasional tahun ini, yakni “Pers Mewujudkan Demokrasi di Era Digital” dan tema besar HPN 2024 ” Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa” menjadi relevan dengan perkembangan nasional dan global saat ini.

Tanggal 14 Februari lalu, Indonesia telah melaksanakan Pemilu yang menunjukkan kepada dunia betapa besarnya partisipasi warga negara dalam berdemokrasi.

Baca Juga  Ketua PWI Pusat Segera Menjabat Presiden CAJ

Menurut Pj Gubernur DKI Jakarta, partisipasi tersebut tak lepas dari peran penting media dan seluruh insan pers yang memberikan informasi kredibel dan bertanggung jawab dalam menyampaikan berbagai program pemerintah beserta kritikannya hingga menyalurkan aspirasi masyarakat.

Itu berarti pers bukan hanya penyampai informasi dan cerita, tapi juga menjadi pilar demokrasi yang mencerdaskan, mencerahkan dan menjaga keutuhan bangsa di tengah perubahan.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen mendukung kebebasan pers yang bebas, adil dan bertanggung jawab serta melindungi hak-hak wartawan. Sinergi antara pemerintah dan media berperan penting membentuk masyarakat yang demokratis dan tercerahkan,” tambah Heru Budi Hartono.

Baca Juga  Tarif Listrik Tidak Naik: PLN Pastikan Pasokan Andal Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Terkait dengan masa depan Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, selepas menyandang Ibu Kota Negara, Jakarta akan bertransformasi menjadi Kota Bisnis Berskala Global.

“Harapannya transformasi ini dapat berjalan baik dengan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan kita, termasuk insan pers dan media,”ujar Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Puncak perayaan HPN 2024 dijadwalkan akan berlangsung tanggal 20 Februari besok dan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam sambutannya, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan dalam acara puncak HPN 2024, Presiden Jokowi akan menyampaikan terbitnya Perpres tentang Publisher Right yang antara lain dimaksudkan untuk mendorong interaksi antara platform digital dan perusahaan pers secara lebih berimbang. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar

  1. My brother recommended I might like this web site He was totally right This post actually made my day You cannt imagine just how much time I had spent for this information Thanks