Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Ormas di Banyuasin Pasang Spanduk Imbauan

PANGKALAN BALAI – Aliansi Forum Bersama (Forbes) Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) bersama sejumlah Ormas melakukan pemasangan spanduk dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H.

Pemasangan spanduk berupa baner bertuliskan ‘Jaga Hati di Bulan Suci’ dilakukan di beberapa titik jalan umum yang menjadi perlintasan pengguna jalan raya khususnya di wilayah Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin.

“Kegiatan ini dilaksanakan Aliansi Forbes gabungan dari beberapa ormas Forum Komunikasi Sedulang Setudung Kabupaten Banyuasin dan Forum Masyarkat Anti Diskriminasi (Formasi Serta Masyarkat Komunikasi Peduli Keadilan (Kompak),”ujar Ketua Aliansi Forbes Banyuasin, Alpian Soho, Minggu (10/3/2024).

Dikatakan Alpian Soho Bulan Suci Ramadhan memberi banyak hikmah sekaligus sebagai pendorong meningkatnya kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Sehubungan dengan itu, saya mengajak kaum muslimin untuk tetap menjaga kesucian Bulan Ramadhan dengan menghormati orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga  Pemkab Banyuasin Akan Lakukan Seleksi PPPK Jalur Khusus

“Jangan kotori Bulan Suci Ramadhan ini dengan perbuatan-perbuatan yang melanggar ketentuan agama maupun tindakan yang dapat menimbulkan terganggunya ketertiban dan keamanan di dalam masyarakat,” tutur Alpian.

Alpian menambahkan, bulan suci Ramadhan tidak hanya mewajibkan umat muslim tidak makan dan minum serta mampu menahan hawa nafsu di siang hari.

“Melainkan juga mengajarkan kepada kita agar mampu menghindarkan dirinya dari segala perbuatan yang dilarang, dan mengajak manusia pada perbuatan yang baik,”terangnya.

Selaku Ketua Aliansi Forum Bersama Banyuasin secara pribadi dan keluarga Alpian Soho mengucapkan selamat kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Banyuasin melaksanakan Bulan Suci Ramadhan.

“Mulai sekarang sudah mempersiapkan diri, dengan hati yang ikhlas dan sabar untuk mendapatkan ridho Allah SWT,”ucap dia.

Baca Juga  Bupati Banyuasin Mendapat Penghargaan Indonesia Awards 2023  

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komunikasi Masyarkat Peduli Keadilan Aldi Gunawan ST mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk saling mengingatkan antara sesama umat muslim agar di Bulan Suci Ramadhan dapat menjaga hati.

“Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang terbaik dari seluruh bulan. Bulan Ramadhan dapat menjadi motivasi bagi seluruh umat Islam  dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ucap Aldi Gunawan.

Dengan momentum tersebut, Aldi Gunawan mengharapkan peningkatan iman dan taqwa kepada Allah SWT, bisa terus dilaksanakan, bukan saja pada bulan suci Ramadhan tetapi juga pada hari-hari setelah pelaksanaan Ramadhan bisa terus dilakukan.

“Dan bulan penuh pengampunan ini kiranya bisa menjadi intropeksi diri apakah yang sudah dilakukan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kalau belum, tentu harus dilakukan pembenahan, sehingga kedepan akan lebih baik dari tahun sebelumnya,” tutur dia.

Baca Juga  Hani S Rustam - Wartawan Banyuasin Deklarasi Tolak Golput dan Politik Uang

Ia juga mengimbau kepada seluruh Tempat Hiburan Malam (THM) yang beroperasi di wilayah Banyuasin agar tutup sementara waktu. Hal itu untuk menjaga situasi kondusif  dan menghormati umat muslim dalam menjalankan ibadah selama bulan suci Ramadhan.

Sementara Ketua Pelaksana Reyhan Aditya Mahendra mengungkapkan bahwa bersama beberapa ormas yang ada di Kabupaten Banyuasin setiap tahunnya melakukan pemasangan spanduk himbauan Bulan Suci Ramadhan.

“Ini setiap tahun kami melakukan pemasangan spanduk himbauan Bulan Suci Ramadhan, dan kemarin kami juga telah melakukan pemasangan spanduk himbauan Pemilu serentak 2024 untuk mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya,” pungkas dia. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *