Usai Disentil Panglima TNI Soal Ini, Babel Bentuk 4 Satgas Baru

PANGKALPINANG – Akhirnya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman membentuk 4 Satuan Tugas (Satgas) sebagai tindak lanjut atas kritikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat berkunjung ke Babel, Sabtu (14/8/2021).

Sebagaimana dipublis suarabangka.com  Sabtu (14/8/2021), Hadi menilai Tracing Kontak Erat saat ini di Babel masih minim. Makanya harus dilaksanakan dan petugas yang bertugas harus dapat memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat.

“Alhamdulillah Babel mendapat perhatian, untuk merespon hal tersebut kita harus segera mengoptimalkan setiap daya dan upaya untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di Babel, ” ujar Erzaldi mengawali Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Hasil Pertemuan dengan Panglima TNI dan Kapolri di Ruang Rapat Tanjung Pendam Kantor Gubernur, Senin (16/08/2021).

Tujuan pembentukan satgas ini, kata Erzaldi pertama untuk melakukan tracing dan tracking di tiap kabupaten/kota, memantau dan melakukan percepatan vaksinasi saat pasokan vaksin mulai masuk ke Babel.

Baca Juga  Pekuburan Cina Terbesar di Asia Tenggara Ternyata ada di Pulau Bangka

Selanjutnya menangani masalah penanganan pasien yang harus dibawa ke isoter, pelaksanaan pendistribusian oksigen konsentrat yang akan disebarkan ke kabupaten/ kota serta bagaimana menekan dan mendorong serapan dana sesuai anggaran.

Terkait pelaksanaan, sesuai masukan dari Kapolda Babel dan Danrem 045/Gaya maka, satgas yang dibentuk ini, ada penanggungjawabnya yakni:

1. Satgas tracing dan tracking Fajar Supriyadi, Kepala BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Satgas dan Penanggung jawab dari TNI adalah Kasrem 045/gaya bersama Dirbinmas dan Kasiter.

2. Satgas vaksin, Wakapolda Babel ditunjuk sebagai Ketua dan Kadinkes Babel sebagai Sekretaris.

3. Satgas Isoter (Isolasi Terpusat), BPBD ditunjuk sebagai penanggungjawab Isoter dan penjemputan pasien wajib isoter, ditunjuk sebagai Ketua adalah Kepala BPDB, Mikron Antariksa yang dibantu oleh TNI/Polri

Baca Juga  Soal Gugatan UU Minerba, Demi Rasa Keadilan Rektor UNMUH Babel Minta MK Kembalikan Kewenangan Provinsi

4. Satgas Oksigen, ketua yang ditunjuk adalah Asisten Sekda, Mulyono, dengan Sekretaris, Kepala Disperindag Babel, Tarmin, sedangkan dari Polda, diketuai oleh Dirkrimsus.

Sementara itu, Wakil Gubernur Abdul Fatah yang turut hadir dalam rapat ditunjuk untuk memastikan konsolidasi data kebutuhan dan penyebaran oksigen konsentrat kepada kabupaten/Kota.

“Data-data ini, nanti Pak Wagub yang akan mengkonsolidasikan agar dalam penanganan dapat terlaksana baik,” ungkap Gubernur Erzaldi kepada Wakilnya, Abdul Fatah.

Lebih lanjut dikatakan Gubernur Erzaldi, selain ke empat satgas yang dibentuk hari ini, masih ada satu Satgas lagi yakni Satgas Anggaran yang akan ditindaklanjuti lebih spesifik pada Rabu (18/08/2021) mendatang.

Danrem 045/Gaya, M. Jangkung pada kesempatan ini mengatakan setelah pembentukan satgas perlu disediakan waktu, khususnya satgas vaksin untuk menyampaikan masukan tentang penyebaran tiap wilayah di kabupaten/kota sesuai kenyataan di lapangan.

Baca Juga  Pj Gubernur Babel Sambanggi Kantor SAR Pangkalpinang

“Teknis lacak di lokasi, bisa disepakati bersama dalam koordinasi nanti,” ungkap Danrem M. Jangkung.

Disampaikan bahwa konsolidasi data ini, akan dibahas dalam pertemuan pada hari Rabu (18/08/2021).

Pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan Oksigen Konsentrat oleh Dinas Kesehatan Babel kepada kabupaten/kota, di antaranya:

RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno sebanyak 50 unit, Dinkes Kabupaten Bangka sebanyak 50 unit, RSUD Depati Amir Pangkalpinang sebanyak 50 unit.

Kemudian RSUD Bangka Barat sebanyak 30 unit, RSUD Bangka Tengah sebanyak 30 unit, RSUD Bangka Selatan sebanyak 30 unit, RS Bhayangkara sebanyak 15 unit dan RSBT Pangkalpinang sebanyak 10 unit. (fh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *