Tiga Hari di Bukit Permisan, Ini yang Dilakukan Mahasiswi UBB

TOBOALI – Mahasiswi Universitas Bangka Belitung Sekar Kinanti melakulan studi pengumpulan data obatan herbal dari tumbuhan kawasan Bukit Permisan, khususnya Bukit Nenek dan Bukit Batu Kepale, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan.

Letak perbukitan itu berada di arah Barat Desa Gudang. Selain dikenal dengan Taman Wisata Alam dan Bukit Batu Kepale juga menyimpan jejak prasejarah.

“Saya dapat informasi dari rekan mahasiswa senior, merekomendasi untuk penelitian tanam obat-obatan herbal di kawasan bukit permisan ini, khususnya Bukit Nenek dan Bukit Batu Kepale. Selain itu dari mapala UBB belum pernah melakukan penelitian di bukit nenek dan sekitarnya” ungkap Sekar, Minggu (22/8/2021).

Baca Juga  Korem 045/Gaya Adakan Penyuluhan Bela Negara kepada Anggota Pramuka UBB

Tujuan dari penelitian ini, kata Sekar untuk pengambilan data tumbuhan yang bisa dijadikan obat herbal. Selain itu dikarenakan UKM KOMPAS UBB yang bergerak dibidang alam bebas maka dengan adanya sumber data tersebut bisa dijadikan acuan referensi baik untuk internal maupun eksternal.

Dalam penelitian ini Sekar Kinanti didampingi rekannya sesama mahasiswa UBB Risman dan Pendi, serta perwakilan Pemerintahan Desa Gudang.

Dikatakan Sekar, penelitian ini juga sebagai pengambilan divisi yang biasa disebut pengembaraan dimana kegiatan ini sebagai syarat untuk melanjutkan dari tahap Anggota Tetap menjadi Anggota Tetap Penuh.

Baca Juga  Buka Wawasan Pelajar, Gubernur Erzaldi Sosialisasi Hingga ke Lepar Pongok

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari Sabtu (21/8/2021) hingga Senin (23/8/2021).

Tindaklanjut dari kegiatan ini akan dibuat laporan sebagai sumber data tumbuhan obat yang berada di Bukit Nenek dan bisa dijadikan referensi untuk kegiatan berikutnya. (KS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *