Amri Cahyadi Edukasi Warga Soal Perda Keterbukaan Informasi Publik

SUNGAILIAT – Melalui Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda), Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung, Amri Cahyadi ST MM berkesempatan memberi pemahaman yang mendalam kepada warga terkait keterbukaan informasi publik.

Secara khusus, Perda yang disampaikannya ialah Peraturan Daeran Nomor 06 Tahun 2019 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam argumentasinya bahwa warga secara umum dapat menerima informasi yang berkaitan langsung dengan kepentingan publik.

“Semisalnya anggaran pembangunan fisik yang ada di desa – desa, karena anggaran tersebut merupakan uang negara sama dengan uang rakyat, maka kita sebagai warga wajib mengetahui penggunaan anggara tersebut,”ungkapnya, di Gedung Serba Guna Puding Besar, .Minggu, (5/12/2021).

Baca Juga  Program "Sekapot Kampong" Komisi III DPRD Babel, Adet: Dengarkan Aspirasi, Selesaikan Persoalan

Tidak hanya soal anggaran, masih banyak lagi hal – hal yang berkaitan dengan informasi publik. Ia mencontohkan rekrutmen pegawai honorer ataupun pegawai harian lepas di salah satu instansi pemerintahan misalnya. Berbeda dengan rekrutmen ASN yang dijelaskan telah memiliki mekanisme tersendiri.

Di samping itu, terdapat informasi yang dikatagorikan sebagai informasi privasi yang tidak boleh dipublikasikan oleh negara. Yakni, informasi identitas diri yang ada dinas pencatatan pendudukan dan sipil, semisalnya.

Ia menegaskan bahwa data pribadi tersebut harus dijaga oleh negara.

Baca Juga  Pemprov Babel Ajukan RAPBD 2023 Sebesar Rp2,8 Triliun, Herman: Segera Kita Bahas

“Data pribadi itu tidak boleh disalahgunakan, maka negara wajib menjaga data pribadi itu, kendati dapat diakses oleh instansi tertentu,”jelasnya.

Di tengah – tengah aksesibilitas informasi yang semakin mudah. Tidak lupa ia mengingatkan warga untuk bijak dan selektif menerima informasi itu dan saling mengingatkan antara sesama. Dalam kesempatan itu pun, ia membuka ruang aspirasi kepada warga untuk menyampaikan aspirasi terutama dalam peningkatan kualitas pendidikan. (Publikasi Setwan 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 komentar

  1. I have been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours.
    It is pretty worth enough for me. Personally, if all web owners
    and bloggers made good content as you did, the
    net will be much more useful than ever before. I saw
    similar here: Sklep internetowy

  2. Hey! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not
    seeing very good results. If you know of any please
    share. Kudos! You can read similar article here: E-commerce

  3. Hey there! Do you know if they make any plugins to help with Search
    Engine Optimization? I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Appreciate it!
    I saw similar blog here: Backlink Portfolio