oleh

Dipercaya Jadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang, Pengamat Sebut Sinyal Restu Jokowi untuk Erick Thohir

JAKARTA – Dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar pernikahan anak bungsunya, yaitu Kaesang Pangarep dengan sang menantu Erina S Gudono. Dalam acara yang sangat penting ini, Erick Thohir dipercaya keluarga sebagai ketua panitia.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, urusan pernikahan adalah hal sakral, dan hanya orang dekat dan tepatlah yang ditunjuk melaksanakannya, sebab orang tersebut akan menjadi simbolisasi serta perwujudan dari si pemilik hajat yaitu Presiden Jokowi.

Pengamat politik sekaligus peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam mengatakan, Erick Thohir menjadi menteri andalan yang dipercaya oleh Presiden untuk menangani berbagai urusan. Dari persoalan pemerintahan, hingga urusan keluarga Jokowi.

“Pak Erick Thohir dengan Pak Jokowi itu kan sangat terlihat baik di kabinet maupun di ruang publik bahwa presiden tidak ada masalah apa-apa, bahkan seringkali dalam berbagai tugas strategis itu kan selalu terlibat di dalamnya,” kata Surokim Abdussalam saat dihubungi, Kamis (24/11).

Menurut Surokim, Erick Thohir yang juga menjadi menteri termuda di Kabinet Kerja Jokowi-Ma’ruf Amin dan juga menjadi anak emas junior Presiden Jokowi. Pasalnya dari seluruh menteri yang ada hanya terlihat dua menteri yang sering dipercayakan oleh Presiden Jokowi yakni Erick Thohir dan Luhut Binsar Pandjaitan.

“Jadi kalau di dalam kabinet yang junior anak emas itu, kalau saya boleh menyebut ya mas Erick Thohir. Anak emas junior ya, kalau anak emas senior ya Pak Luhut kalau saya boleh mengistilahkan Mas Erick Thohir itu anak emas juniornya pak presiden,” ucapnya.

Dikatakan akademisi dari Universitas Trunojoyo Madura itu, kedekatan Erick Thohir dengan Presiden Jokowi sudah menjadi pengetahuan publik, jadi hal tersebut tidak perlu kaget.

“Kalau kemudian ada gawe-gawe apa yang sifatnya strategis nasional bahkan menyangkut kekeluargaan, Saya tidak kaget kalau kemudian diberikan kepercayaan seperti itu karena memang relasinya seperti itu,” ujarnya.

“Jadi presiden tahu betul ya kiprah kiprahnya Mas Erick Thohir selama membantu dia di kabinet Saya tidak kaget,” tambahnya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melanjutkan, terkait dengan sinyal restu Presiden Jokowi di Pilpres 2024 sangat terbuka lebar, karena Presiden Jokowi akan merestui sosok yang tidak punya masalah dengannya.

“Kalau mau dibaca ke arah sana mestinya, karena presiden tidak punya masalah. Artinya seorang presiden mau merekom atau mendukung itu kan kepada orang-orang yang tidak bermasalah dengan Presiden kan, nggak mungkin presiden tidak merekom orang itu. Jadi kalau dibaca sebagai Restu ya iyalah,” jelasnya.

“Siapa presiden yang tidak memilih orang yang mungkin sudah dianggap keluarga. Saya tidak kaget karena beliau kan memang anak emas junior,” tegasnya lagi.

Selain menjadi anak emas, Surokim mengakui jika peluang Erick Thohir direstui Presiden karena kinerjanya di Kabinet Kerja cukup baik.

“Tidak hanya itu, tetapi juga presiden melihat kinerja, melihat pekerjaannya di kabinet, keterlibatannya di dalam proyek-proyek strategis hampir semuanya terlibat dan saya kira itu nilai plus untuk Mas Erick Thohir,” pungkasnya. (***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *