DPRD Babel Gelar RDP Lintas Komisi Bersama Mitra 

PANGKALPINANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan Provinsi Babel, terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi, S. Sos, dihadiri Komisi IV dan Komisi I DPRD Babel, beserta Kepala Dinas Pendidikan Babel, Kamis (16/9/2021) di ruang Bamus.

Ketua DPRD, Herman Suhadi, menyarankan agar Komisi IV bersama dinas terkait membuat kajian jika ingin mengevaluasi sistem zonasi ini.

Ia juga turut menyampaikan hasil kunkernya ke beberapa sekolah untuk ditindaklanjuti dinas.

“Komisi IV buat kajian jika ingin mengusulkan evaluasi sistem zonasi, himpun kajian dan saran masyarakat.” ujar Herman Suhadi.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi IV, Ust. Dede Purnama Al Zulami, mengatakan bahwa Komisi IV berharap sistem zonasi bisa dikaji kembali. Pasalnya, hal ini dapat meghambat para siswa yang mau masuk sekolah unggulan namun tidak tercover tempat domisili siswa yang bersangkutan.

Baca Juga  PLN Babel Bersih-Bersih dan Konservasi Pantai

Ini artinya, faktor-faktor pertama seperti nilai dan prestasi tidak lagi menjadi standar untuk sekolah menerima siswa. Dirinya juga mengungkapkan hal ini juga sudah dikeluhkan oleh para orangtua siswa karena jika tidak dapat masuk ke sekolah negeri, anak mereka mau tidak mau harus masuk ke sekolah swasta.

“Sebagaimana yang kita ketahui, dalam sistem zonasi, nilai tidak lagi jadi standar menerima siswa. Maka dari itu, kebijakan sistem zonasi ini harus dievaluasi. Jika memang dipaksakan masuk swasta, kita juga harus melihat kemampuan ekonomi masyarakat. ” ujarnya.

Terkait besaran pembagian kuota, Politisi PPP ini juga mengharapkan ada persentase yang lebih untuk jalur prestasi.

“Jika memang aturan pusat seperti itu, kita perlu koordinasi lagi untuk memberikan persentase yang lebih ke jalur prestasi. Intinya, jika sistem zonasi ini berdampak ketidakadilan bagi masyarakat, maka DPRD wajib menyampaikan keluh kesah ini ke pusat.” tambahnya.

Baca Juga  Inspektorat Audit Dana Proyek Rutin Dinas PUPR Babel Tahun 2021, JNT jadi Sorotan

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Prov. kep. Bangka Belitung, M. Soleh, mengungkapkan bahwa tujuan secara global Kemendikbud menerapkan sistem zonasi ini adalah memberi kebijakan kepada siswa memilih sekolah yang dekat dengan domisili.

Dinas sendiri menjalankan peraturan gubernur nomor 22 tahun 2021 tentang pedoman penerimaan peserta didik baru sekolah menegah atas dan sekolah menengah kejuruan yang mengacu kepada Permendikbud No. 44 Tahun 2019.

“Hasil rapat dengan stakeholder, pembagian kuota jalur penerimaan zonasi sebanyak 60 persen, afirmasi 20 persen, dan mutasi 5 persen. Kemudian jalur prestasi 15 persen, terdiri dari 10 persen prestasi dalam zonasi dan 5 persen prestasi di luar zonasi. Namun jika kuota ini mau diubah kembali, kita bisa berkoordinasi dengan pusat” jelasnya.

Baca Juga  Komisi I DPRD Babel Pertanyakan Proses Lelang Jabatan Esselon II

Selanjutnya terkait sekolah swasta yang kurang diminati masyarakat, Pemprov tahun ini sudah memberikan banyak bantuan melalui hibah dan subsidi untuk siswa. Hal ini diharapkan bisa memicu keinginan dan minat para siswa untuk mengenyam pendidikan di sekolah swasta jika mereka tidak masuk ke sekolah negeri.

“Tahun ini kita punya program menyiapkan dana hibah dan bantuan untuk setiap siswa di sekolah swasta, mungkin Babel tertinggi se-Indonesia dalam hal memberikan bantuan ke sekolah swasta. Untuk itu, masyarakat yang kurang mampu tidak perlu khawatir menyekolahkan anaknya ke swasta.” ucapnya kembali.

Lebih lanjut ia menjabarkan bahwa lulusan SMA saat ini diproyeksikan untuk melanjutkan ke pendidikan lanjutan, SMK diproyeksi ke skill, dunia kerja dan wirausaha, tinggal bagaimana para orangtua siswa memberikan pengertian kepada para siswa untuk memilih, di mana mereka berminat. (Publikasi Setwan 2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

46 komentar

  1. Wow, amazing blog structure! How lengthy have you been running a blog for?
    you made running a blog glance easy. The whole glance of your website is magnificent,
    let alone the content! You can see similar here dobry sklep

  2. Howdy! Do you know if they make any plugins to help
    with Search Engine Optimization? I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m not seeing
    very good results. If you know of any please share.

    Many thanks! I saw similar article here: Which escape room

  3. I will right away snatch your rss feed as I can’t in finding your email subscription link or e-newsletter service. Do you’ve any? Please let me recognize in order that I could subscribe. Thanks!

  4. Thanks for some other wonderful article. Where else could anyone get that kind of information in such an ideal means of writing? I’ve a presentation subsequent week, and I am on the search for such information.

  5. Hi there! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Appreciate it!

    You can read similar art here: blogexpander.com

  6. Thank you for the good writeup. It in reality was once a entertainment account
    it. Glance advanced to far delivered agreeable from you!
    By the way, how could we be in contact?

    Here is my website; my response

  7. When I initially left a comment I appear to have clicked on the -Notify me when new comments are added- checkbox and now every time a comment is added I recieve 4 emails with the same comment. Perhaps there is a means you can remove me from that service? Many thanks.

  8. Hello there! This post could not be written any better! Reading through this post reminds me of my previous roommate! He constantly kept preaching about this. I most certainly will send this information to him. Fairly certain he’s going to have a great read. Many thanks for sharing!