Ini Batas Akhir PPDB Siswa Sekolah Dasar

PANGKALPINANG – Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang telah membuka Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), Rabu (2/6/2021). Batas waktu pendaftaran akan berakhir pada Kamis 20 Juni 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi mengatakan terdapat tiga jalur pendaftaran yang dibuka yaitu melalui jalur afirmasi, zonasi dan mutasi yang dilakukan secara online.

“Untuk SD dibuka tiga jalur, yaitu zonasi itu minimal 70 persen, afirmasi minimal paling sedikit 15 persen, jalur mutasi maksimal 5 persen,” ujar Eddy.

Baca Juga  Keikhlasan Menjadi Kunci Penting dalam Bekerja

Setelah proses pendaftaran selesai, Eddy menyampaikan maka tahapan selanjutnya adalah tahap verifikasi data peserta didik dan dilanjutkan pengumuman pada 26 Juni 2021

“Setelah pengumuman lulus pada 26 Juni, kemudian mereka menyiapkan berkas-berkas yang telah diupload di online tersebut untuk mengkonfirmasi kebenaran dokumen,” tutur Eddy.

“Kalau untuk SD itu persyaratannya yaitu umur yang dibuktikan dengan akte kelahiran dan kartu keluarga (KK), itu saja. kalau dia melalui jalur afirmasi cukup dengan surat keterangan kurang mampu atau surat keterangan yang menyatakan itu” jelasnya.

Baca Juga  Gubernur Babel Ingin Pendidikan Inklusif Berjalan Maksimal

Disdikbud Kota Pangkalpinang, kata Eddy, menyediakan sekitar 4.000 lebih kuota untuk tingkat SD maupun SMP pada sekolah negeri maupun swasta.

Adapun sistem penerimaan peserta didik baru tetap mengedepankan wajib belajar sembilan tahun, menurutnya sehingga ruang yang diberikan lebih fleksibel.

“Prinsipnya kita menjamin anak-anak kita itu untuk bisa sekolah pada usia wajib belajar ataupun kemudahan untuk bersekolah, sehingga tinggal mendistribusikan baik negeri maupun swasta. Prinsipnya kami akan tetap mengakomodir mereka,” pungkasnya. (hen)

Baca Juga  Bunda PAUD Babel Ingatkan Orangtua, Sri Utami: Bacakan Cerita Sebelum Anak Tidur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *