Ini Jadwal PPDB Kota Pangkalpinang 2021, Untuk Jenjang SMP

PANGKALPINANG – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Pangkalpinang akan dibuka pada 15 -19 Juni 2021 mendatang.

Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang bakal menyediakan sekitar 4.000 lebih total kuota untuk tingkat SMP pada sekolah negeri maupun swasta.

Para calon peserta didik dapat mengikuti proses pendaftaran PPDB melalui jalur afirmasi, zonasi dan mutasi yang dilakukan secara daring atau online.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi menjelaskan kuota pendaftaran untuk jalur zonasi minimal 50 persen, jalur afirmasi minimal paling sedikit 15 persen, dan jalur mutasi maksimal 5 persen.

Baca Juga  Mengenal dan Melepas Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat

“Kalau tiga jalur itu masih ada kuota bisa untuk jalur prestasi. Untuk persyaratan jenjang SMP yaitu surat keterangan kelulusan dan KK maupun akte kelahiran,” ujarnya, Rabu (2/6/2021).

Untuk pendaftaran melalui jalur afirmasi ini, kata Eddy, calon peserta didik cukup melampirkan surat keterangan kurang mampu ataupun dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Kalau dia jalur prestasi dilengkapi dengan bukti prestasi minimal tingkat provinsi, dan untuk zonasi dilengkapi KK saja,” katanya.

Adapun setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, lanjut Eddy, maka tahapan selanjutnya adalah tahap verifikasi data peserta didik dan dilanjutkan pengumuman pada 26 Juni 2021

Baca Juga  Ontologi Puisi dan Cerpen HPN: Presiden Bebek hingga Pintu Langit

“Pendaftaran dimulai dari tanggal 15 sampai dengan 19 Juni. Sedangkan verifikasi dilakukan pada 21 sampai 25 Juni, untuk pengumuman penerimaan seluruh jenjang SD dan SMP dilakukan pada 26 Juni,” ujarnya.

“Kemudian mereka menyiapkan berkas-berkas yang telah diupload di online tersebut untuk mengkonfirmasi kebenaran dokumen,” jelas dia. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *