Pangkalpinang Lolos Seleksi Lomba Perencanaan Pembangunan Daerah

PANGKALPINANG – Pangkalpinang lolos seleksi lomba Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023 yang diadakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bapenas) di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Dengan demikian Kota dengan julukan Beribu Senyuman tersebut berhak masuk ketahap II lomba PPD bersama 13 kota lainnya di Indonesia.

Sebagaimana di ketahui lomba PPD tahun 2023 yang diadakan Kementerian PPN/Bappenas diikuti sebanyak 94 peserta (Kota..red) dan 14 kota dinyatakan lolos tahap dua.

Kepala Bappeda dan Litbang Kota Pangkalpinang, Yan Rizana mengatakan Tim PPD Pangkalpinang dipimpin oleh Sekda Mie Go.

Baca Juga  Festival Millenial Food Pangkalpinang Hadirkan Makanan Terbaik Produk UMKM

Adapun anggota terdiri Kepala Bidang PPE Aprizal, Kepala Bidang PPMPI Erika Handoko, Kepala Bidang Litbang Nurwasya, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Susi erawati dan Perencana Ahli Pertama Bappeda dan Litbang Erni Kesuma.

“Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan evaluasi pembangunan daerah secara kreatif dan komprehensif melalui tiga tahap, yaitu penilaian dokumen, presentasi, wawancara dan verifikasi,”ujarnya.

“Tahap II ini, yaitu presentasi dan wawancara dengan tiga Tim Penilai Independen (TPI) dan satu Tim Penilai Utama (TPU),”terang Yan Rizana.

Baca Juga  PJ Gubernur, Molen dan Forkopimda Gowes Bareng

Di menambahkan, Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk pertama kalinya masuk dalam tahap seleksi Nasional dalam lomba PPD yang diselenggarakan oleh Bappenas, dimana ajang ini merupakan ajang bergengsi di lingkup perencanaan daerah.

“Tahap II ini terdapat 22 indikator yang tertuang dalam empat aspek, meliputi Aspek Pencapaian Pembangunan, Aspek Kualitas Dokumen RKPD, Aspek Proses Penyusunan Dokumen RKPD dan Aspek Inovasi,”ungkapnya.

“Dalam presentasi dan wawancara bertujuan untuk memperoleh informasi dan konfirmasi dari daerah. Tahapan selanjutnya yaitu tahap III, yaitu verifikasi,”tutup Yan. (***)

Baca Juga  Kasus Pencuri HP Dihentikan, Kajari Pangkalpinang Berikan Kado Buat Anak Pelaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *