Pj Bupati Bangka Buka Musrembang RKPJD dan RKPD

SUNGAILIAT – Penjabat Bupati Bangka, Muhammad Haris, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Bangka 2025-2045, dan RKPD Kabupaten Bangka Tahun 2025.

Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Parai Tenggiri Kantor Bupati Bangka, Senin (18/03/2024).

Musrembang RKPJD dan RKPD merupakan kegiatan yang sangat strategis sesuai ketentuan pada tahapan perencanaan pembangunan berdasarkan Permendagri Nomor 86 tahun 2017.

Dalam Permendagri itu menyebutkan, Musrenbang merupakan forum pembahasan rancangan RPJPD dan rancangan RKPd dengan pemangku kepentingan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

Muhammad Haris dalam sambutannya mengatakan, RKJPD merupakan penjabaran visi dan misi arah kebijakan serta sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun yang disusun dengan perpedoman pada RPJPN dan RTRW.

Baca Juga  Pasca Erzaldi, Giliran Mulkan

“Arah kebijakan pembangunan dan sasaran pokok memuat setiap 5 tahun, sehingga menjadi 4 periode RPJMD dan menjadi informasi yang akan digunakan sebagai pedoman pasangan calon kepala daerah dalam merumuskan visi, misi dan program,” kata dia.

Perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Bangka tahun 2025 ini memfokuskan pada upaya pemulihan ekonomi dengan tema Penguatan Pembangunan Ekonomi untuk Daya Saing Daerah.

Makna dari tema tersebut ialah bagaimana prioritas dan sasaran pembangunan daerah dapat difokuskan dalam rangka memacu kualitas sumber daya manusia, meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat yang berdaya saing dengan mendorong kebijakan yang bersifat lintas sektoral.

Baca Juga  Pj Bupati Bangka: Dana Bantuan Harus Tepat Sasaran

Adapun Prioritas pembangunan Kabupaten Bangka pada tahun 2025 adalah penguatan kapasitas birokrasi, penguatan sektor-sektor ekonomi unggulan, pembangunan sumber daya manusia, kesejahteraan dan perlindungan sosial, penguatan infrastruktur dan sumber daya air, pengelolaan lingkungan hidup.

Lanjut Haris, rencana kerja pembangunan daerah Kabupaten Bangka tahun 2025, merupakan tahapan pembangunan tahun kedua dalam implementasi rencana pembangunan daerah (RPD) 2024-2026.

“Tantangan yang semakin berat serta cita-cita besar yang ada di depan kita, tentunya kita perlu melakukan kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas serta komitmen yang berintegritas untuk melakukan percepatan pencapaian target program dan kegiatan Kabupaten Bangka pada tahun 2025,” tutur di.

Baca Juga  Jatuh dari Kapal Motor Saat Mancing, Nelayan Bangka Ditemukan Meninggal Dunia

Dengan dana yang terbatas, lanjut Haris, Pemda harus mampu melakukan efisiensi anggaran, merumuskaan program dan kegiatan yang strategis yang berdampak besar terhadap perubahan mendasar.

“Untuk itu, kita perlu mengubah kebiasaan kita dari cara berfikir dan bekerja rutinitas ke arah berfikir strategis,” tutup dia. (*)

Sumber: Dinas Kominfotik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *