Safriati Safrizal Lantik Ketua Posyandu Kabupaten – Kota

PANGKALPINANG – Kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kini resmi memiliki Ketua Pembina Posyandu yang merupakan Ketua TP PKK Kab/Kota, lewat pengukuhan yang dilaksanakan pada Selasa (19/3/2024) oleh Penjabat Ketua Pembina Posyandu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safriati Safrizal.

Dalam sambutannya, Safriati menyampaikan ucapan selamat atas dikukuhkannya Ketua Pembina Posyandu Kabupaten/Kota se-Babel, saya mengajak untuk bekerjasama dan kolaborasi demi pembangunan daerah.

“Mari kita bekerja sama dengan menjalin sinergitas dan berkolaborasi antara kabupaten/kota dengan provinsi agar terwujudnya pembangunan desa yang baik,” ungkapnya.

Baca Juga  Walikota Molen Hadiri Safari dakwah, Halal Bihalal dan Pembangunan Madrasah Tuna Netra

Dalam perkembangannya, saat ini posyandu tidak lagi hanya mengurus masalah imunisasi, penimbangan dan ibu hamil saja, akan tetapi adanya integrasi pelayanan sosial dasar lainnya.

“Oleh karena itu peran posyandu menjadi sangat penting, dan menjadi ujung tombak pembangunan di desa selain itu arah pembangunan di bidang kesehatan merupakan prioritas utama,” ungkap Safriati.

Oleh karenanya, pihaknya menilai peran penting posyandu saat ini tidak lagi hanya berperan sebagai objek pembangunan tetapi merupakan entitas mitra pemerintah desa dalam mendukung pembangunan yang sejalan dengan semangat otonom desa.

Baca Juga  Gubernur Babel Perlonggar Aturan Penerbangan

“Dalam rangka mencapai tujuan tersebut melalui pembinaan dan sinergitas posyandu, maka perlu melakukan optimalisasi peran posyandu. Melalui Dinas Sosial dan PMD Babel serta OPD terkait dapat secara proaktif turun langsung ke lapangan bersama dengan TP PKK dalam melakukan pembinaan posyandu,” tuturnya.

Kelembagaan posyandu merupakan bagian dari kewenangan lokal perannya sangat penting bagi desa dan diharapkan peran posyandu desa maupun bersinergi dengan pemerintah desa dan gerakan PKK dalam pembangunan kesehatan terutama dalam penanggulangan stunting dan angka kematian ibu yang menjadi prioritas saat ini. (***)

Baca Juga  Beliadi Sambangi Badan Pengawas Pemilu RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *