B2SA Goes to School Diharapkan jadi Langkah Percepatan Penanganan Stunting

MENDO BARAT – Pelaksanaan kegiatan sosialisasi makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Goes to School, diharapkan dapat menjadi salah satu upaya percepatan penanganan stunting di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Babel, Safriati Safrizal, saat menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, yang berlangsung di UPTD SD Negeri 5 Desa Petaling, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Rabu (6/3/2024).

“Saat ini pengentasan stunting jadi fokus perhatian pemerintah. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian kita semua,” kata Pj Ketua Safriati.

Dirinya mengatakan, bahwa Kepulauan Babel merupakan salah satu provinsi penghasil ikan terbanyak. Namun, tidak semua anak-anak di Kepulauan Babel suka mengonsumsi ikan.

Baca Juga  Peserta Peran Saka 2022 Nganggung 1000 Dulang di Kemuja

“Untuk itu, kedepannya Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel bersama Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), akan melakukan berbagai upaya untuk mendorong anak-anak kita, agar lebih gemar mengonsumsi ikan,” ujarnya.

Pj Ketua Safriati menekankan pula, kegiatan sosialisasi B2SA Goes to School harus lebih digalakkan lagi. Selain sosialisasi, upaya lain yang dapat dilakukan dalam mengenalkan makanan B2SA, yakni dengan menghadirkan vidio ataupun gambar di sekolah.

“Mungkin setelah ini rekan-rekan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dapat menghadirkan vidio ataupun gambar-gambar di sekolah-sekolah atau ditempat-tempat strategis lainnya, agar masyarakat kita lebih paham tentang makanan B2SA,” katanya.

Baca Juga  Pj Gubernur Safrizal Pastikan Stok 3 Komoditas Pangan di Pulau Belitung Aman

Ia juga berharap, kedepannya kegiatan B2SA tersebut dapat dilakukan di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Babel.

“Yang pasti, adik-adik yang hadir hari ini, merupakan agen perubahan. Melalui kegiatan ini, semoga adik-adik semua dapat membantu mensosialisasikan makanan B2SA ke teman-teman di sekolahnya atau keluarganya di rumah,” tutupnya.

Usai memberikan sambutan, Safriati Safrizal melakukan Senam Negeriku Kaya Pangan, bersama para peserta kegiatan, yang terdiri dari perwakilan siswa/siswi UPTD SD Negeri 1,2,3,4,5 dan 6 se-Kecamatan Mendo Barat.

Usai melakukan senam, Pj Ketua Safriati melakukan penyerahan makanan B2SA secara simbolis kepada perwakilan peserta dan guru pendamping dari masing-masing perwakilan sekolah.

Baca Juga  Menteri Sandi Tiba di Pulau Belitong, Melati Erzaldi Kalungkan Syal Motif Batik Asli Daerah

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Edugames Isi Piringku dan mendengarkan Dongeng Pangan Sehat, yang dipandu oleh Bunda Desri dan Boneka Lolly dari Kampung Dongeng Kepulauan Babel.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel, Perwakilan Pj Bupati Bangka, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Camat Mendo Barat.

Hadir juga para Kepala Desa lingkup Kecamatan Mendo Barat, Ketua TP PKK Kecamatan Mendo Barat, Ketua PKK Pemerintah Desa lingkup Kecamatan Mendo Barat, para guru pendamping sekolah peserta dan para tamu undangan lainnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *