Pj Gubernur Suganda Serahkan Sapi Qurban Presiden Jokowi Ke Warga Desa Kace

MENDO BARAT – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu menyerahkan sapi qurban dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, kepada warga Desa Kace, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Kamis (29/06/2023) pagi.

Sapi qurban dengan berat 1059 kilogram itu diterima oleh Kepala Desa (Kades) Kace, Rosmin, di pelataran Masjid Kurnia Desa Kace. Rosmin menyebutkan, diserahkannya sapi qurban kepada Desa Kace merupakan anugerah sekaligus amanah. Selaku Kades dirinya menghaturkan terima kasih kepada Presiden RI melalui Pj Gubernur Suganda, atas kepercayaan yang telah diberikan kepada desanya.

“Segenap warga Desa Kace mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, dalam hal ini diserahkan oleh Pj Gubernur, terima kasih atas anugerah sekaligus amanah yang telah diberikan kepada warga Desa Kace,” ucapnya.

Rosmin menambahkan, setelah penyeyembelihan sapi qurban pemberian Presiden RI tersebut, daging akan dibagikan kepada warga di 23 RT (Rukun Tetangga) Desa Kace, ditambah 10 ekor sapi dan 15 kambing pemberian warga.

Baca Juga  Pj Gubernur Suganda Ajak Pelaku UMKM Perkenalkan Produk Daerah

Pj Gubernur Suganda dalam sambutannya mengatakan, dipilihnya Desa Kace untuk menerima sapi qurban dari Presiden RI merupakan suatu amanah yang patut disyukuri. Selain itu, dirinya juga berpesan agar tradisi qurban ini dapat dijadikan momentum kepedulian antar sesama, meningkatkan rasa saling berbagi, dan memperkuat silaturahmi.

“Dari seluruh desa dan kelurahan di Babel, Desa Bapak/Ibu yang dipilih untuk tahun ini, ini adalah amanah, sekaligus rahmat dan juga berkah untuk masyarakat Desa Kace, mari kita syukuri serta jadikan tradisi baik ini, di hari yang mulia ini, kita jadikan sebagai momentum untuk saling berbagi, memperkuat silaturahmi dan keakraban. Saya atas nama pribadi, bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel mengucapkan selamat hari raya idul adha 1444 H,” ujarnya.

Baca Juga  Kunjungi Pj Gubernur Suganda, Pengda JMSI Babel Paparkan Program Wartawan Menjangkau Desa

Dalam kesempatan itu pula, Pj Gubernur Suganda yang didampingi Pj Ketua TP TKK Babel, Maya Suganda Pasaribu, turut menyaksikan langsung prosesi penyembelihan sapi qurban pemberian Presiden RI.

Dilakukan oleh Ketua MUI Kota Pangkalpinang yang juga merupakan warga Desa Kace, Syamsuni Soleh, penyembelihan berlangsung khidmat dan lancar.

Turut hadir mendampingi penyerahan dan penyembelihan, Kepala Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Pangan Kementerian Pertanian RI, Hidayat, yang mengatakan sapi qurban pemberian Presiden Joko Widodo ini telah melalui serangkaian pengujian, ia memastikan daging sapi yang nantinya akan diserahkan kepada warga telah bebas dari LSD (Lumpy Skin Disease) serta penyakit hewan ternak lainnya.

“Tentu sudah kita lakukan pengujian, kita pastikan bebas LSD, tidak ada penyakit lainnya, dan sangat layak untuk dikonsumsi,” tegasnya.

Baca Juga  PJ Gubernur Babel Buka Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2024

Suka cita bukan hanya datang dari panitia qurban, melainkan segenap warga Desa Kace yang berduyun turut menyaksikan penyembelihan, Rumini salah satu warga menyampaikan antusias menyaksikan penyembelihan sapi qurban dari Presiden RI Joko Widodo, yang dianggapnya sebagai suatu momen yang langka.

“Kami senang, terima kasih sudah memikih desa kace, ini mungkin kita tidak tahu kapan lagi desa kace bisa dapat qurban dari Presiden,” ucapnya antusias.

Seusai penyembelihan, Pj Gubernur Suganda didampingi Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Babel, Muhammad Soleh, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Babel Tumiran Ganefo, serta Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel Edi Romdhoni, disambut warga dengan “makan bedulang”, sebuah tradisi yang umum dilakukan seusai melaksanakan salat hari raya.

Penulis : Kris
Foto : Fajar
Editor : Lulus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *