PJ Gubernur Babel Resmikan Program Serambi 2024, Wujud Komitmen BI

PANGKALPINANG – Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) 2024 diresmikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Rabu (20/3).

Program Serambi sendiri merupakan wujud komitmen dari Bank Indonesia (BI) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai dalam rangka Ramadan dan Idulfitri 2024.

“Kami menyambut baik acara ini. khususnya dalam mendukung aktivitas ekonomi, serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menukarkan uang pada kebutuhan Idul Fitri 2024,” ungkap Pj Gubernur Safrizal.

Baca Juga  Ketua KPK dan Dewan Pers Hadir dalam Rekernas JMSI I Semarang, Berikut Hasil Lengkap Kegiatan

Menurutnya, menjelang momen Idul Fitri ini, secara historis tingkat konsumsi dan belanja masyarakat akan meningkat karena ada peningkatan pendapatan. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian.

Namun, Safrizal juga mengimbau kepada masyarakat dengan adanya peningkatan pendapatan seperti THR, insentif, dan bonus lainnya, tidak mengesampingkan untuk berbelanja dengan bijak, tidak berlebihan, dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Lebih lanjut, dia mengatakan masyarakat yang membelanjakan uangnya hingga kebablasan saat Ramadan dan Idul Fitri akan memicu tekanan pada sisi konsumsi dan akhirnya mendorong angka inflasi pada posisi yang lebih tinggi.

Baca Juga  Pj Gubernur Babel Tindak Lanjuti Rekomendasi BPK RI

“Belanjalah secara bijaksana sesuai dengan kebutuhan. Dengan belanja bijak maka masyarakat turut berkontribusi menjaga harga kebutuhan pokok tetap stabil,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Babel Rommy Sariu Tamawiwy mengatakan tahun ini pihaknya menyiapkan Rp 1,6 triliun untuk penukaran uang kecil pada Ramadan 2024 di Babel.

“Pada tahun ini, masyarakat dapat menukarkan uang dengan nominal maksimal penukaran Rp 4 juta, dengan terlebih dahulu memesan penukaran melalui Aplikasi PINTAR,” tutupnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *