Kapolda Babel Bawa Angin Segar

Oleh: Fakhruddin Halim

Pemred suarabangka.com

Kunjungan kerja Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya ke kantor PWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (6/12/2021), membawa angin segar bagi pers di Babel.

Kapolda yang baru beberapa pekan bertugas di Babel di hadapan pengurus PWI Babel menegaskan tidak boleh ada kekerasan terhadap wartawan dan tidak boleh ada yang menghalang-halangi wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

Tak hanya itu, Kapolda juga memerintahkan para kapolres dan jajaran untuk terbuka kepada wartawan atas informasi yang dibutuhkan publik.

Baca Juga  Louis Vuitton From Tangerang Banten

Selain itu, para kapolres diminta membangun komunikasi agar terjalin sinergi yang baik dengan wartawan.

Sebab, bisa jadi terjadi kesalah pahaman di lapangan antara wartawan dan aparat akibat adanya sumbatan dalam berkomunikasi antar kedua belah pihak.

Oleh karenanya jenderal bintang dua ini meminta para kapolres membuka keran kemunikasi selebarnya kepada para wartawan.

Hal ini tentu saja menggembirakan bagi dunia Pers dan masyarakat Babel. Kapolda sepertinya mengerti benar apa yang menjadi tugas dan kebutuhan wartawan.

Baca Juga  Pasien Covid-19 Melonjak, RSUD Depati Hamzah Tambah Tempat Tidur

Sebab, apa yang dilakukan wartawan tiada lain dalam rangka menyajikan informasi kepada publik sesuai fakta, tidak menghakimi, berimbang, terkonfirmasi dan terverifikasi.

Wartawan pun dalam melaksanakan tugasnya haruslah berpedoman kepada UU Nomor 40 Tahuh 1999 Tentang Pers, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak, Kode Etik Jurnalistik dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jika semua pihak menyadari tugasnya masing-masing sudah barang tentu sumbatan-sumbatan komunikasi rasa-rasanya kemungkinan terjadi sangat kecil.

Apa yang dilakukan Kapolda patutlah diacungi jempol dan ditiru pihak lainnya dalam membangun komunikasi publik.

Baca Juga  Danrem 045/Gaya Bagikan Bingkisan Lebaran Kepada Prajurit dan PNS Makorem

Kita berharap apa yang menjadi komitmen Kapolda Babel untuk terbuka kepada pers dapat dipahami dan diterjemahkan dengan baik oleh jajarannya hingga level paling bawah sekalipun, semoga. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Those are yours alright! . We at least need to get these people stealing images to start blogging! They probably just did a image search and grabbed them. They look good though!