Melati Erzaldi Berbagi Inspirasi Melalui Womenpreneurs Talk

PANGKALPINANG – Sukses dengan Sekolah untuk Perempuan Jadi Mandiri Terlatih (Sekuntum Melati) di Bangka Belitung, Istri Gubernur Bangka Belitung (Babel) sekaligus Direktur Regional Indonesia Council for Small Business (ICSB) hadir menginspirasi para perempuan melalui Womenpreneurs Talk Episode 2, Selasa (19/10/2021).

ICSB adalah suatu platform kewirausahaan wanita, yang bertujuan untuk mengedukasi, mengembangkan, dan menginspirasi wirausaha wanita khususnya di Indonesia untuk lebih berdaya memberdayakan secara profesional, sehingga akan berdampak pada perekonomian.

Pada kesempatan ini, Melati Erzaldi berkesempatan menjadi narasumber dalam live streaming di website 1000womenpreneurs.id_ bersama dengan Director ICSB Womenpreneurs Indonesia Secretary General ICSB, Diah Yusuf sebagai host.

Sebelum obrolan dimulai, diputarkan video yang menunjukkan keindahan alam dan kebudayaan dari Bangka Belitung. Video ini sukses membuat kagum peserta yang hadir.

Tidak hanya kagum pada keindahan alam, host Diah Yusuf juga kagum kepada Istri Gubernur Babel ini yang sangat berperan aktif dalam pengembangan kewirausahaan di Bangka Belitung. Bahkan hingga memperoleh berbagai penghargaan.

Baca Juga  Bank Muamalat Salurkan Beasiswa Pendidikan Anak Karyawan

“Ibu Melati sangat luar biasa, banyak sekali kesibukan beliau dan berbagai penghargaannya. Bisa diceritakan Ibu alasan kenapa begitu bersemangat dalam pengembangan kewirausahaan terutama kewirausahaan wanita” ungkapnya

Melati Erzaldi mengungkapkan bahwa keinginan ini awal mulanya telah ada sejak Gubernur Erzaldi masih menjabat sebagai Bupati Bangka Tengah, pada saat itu Ia melihat bahwa produk UMKM di Babel sudah semakin maju namun masih terdapat kelemahan lain seperti dalam pengemasan dan manajemen.

“Ketika saya turun untuk melihat secara langsung produk UMKM ini, ternyata rata-rata pelaku UMKM itu perempuan, dan memang UMKM ini pendorong ekonomi yang krusial di daerah kita,” ungkapnya

Jika dikatakan bahwa perempuan mempunyai peran besar dalam penggerakkan ekonomi daerah, dan memang ternyata terbukti. Hal inilah menjadi awal mula semangat Melati.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Batu Satam Khas Pulau Belitung, Melati Kunjungi Galeri Firman

“Perempuan menjadi suatu karakter, dia harus berpikir keras menciptakan ekonomi keluarga yang tadinya hanya hobi kini bisa menjadi usaha,” ungkapnya

Bercerita tentang alasannya menciptakan Sekuntum Melati, latar belakangnya adalah melihat tingkat KDRT dan stunting yang cukup tinggi di Babel. Dari permasalahan ini, perempuan dikumpulkan dengan misi berdaya secara ekonomi dan sosial.

Melati Erzaldi menjelaskan bahwa terbukti, dalam waktu 3 bulan para perempuan Sekuntum Melati berhasil menunjukkan dirinya. Mereka membuat produk-produk dengan bahan-bahan berpotensi yang ada di desanya.

Menurut Istri Gubernur Babel ini, menjadi pengusaha perempuan bukan hanya sekedar menjadi pengusaha. Lebih dari itu, perempuan itu multirole.

“Ketika temen-temen pengusaha itu adalah multirole maka mereka harus didampingi atau kolaborasi dengan mentor, karena ini tidak bisa sendiri. Jika sendiri tidak akan jalan, maka sekolah ini hadir sebagai pendamping,” ungkapnya.

Ditanya soal siapa sosok yang menginspirasi Melati Erzaldi selama ini, Beliau menjawab bahwa sosok Kartinilah yang menginspirasinya. Menurutnya, sosok Kartini yang sederhana saja mampu, maka kita yang sudah semakin maju ini, harus lebih baik.

Baca Juga  Kapasitas Pembangkit Listrik Nasional Mencapai 72.976,30 Megawatt

Host Diah menanyakan tips sebagai Ibu Gubernur dalam menghadapi suatu kegagalan.

“Saya menjalani proses hingga di tahap Istri Gubernur ini semuanya adalah learning by doing, termasuk menghadapi kegagalan. Terkadang ada banyak hal yang tidak bisa kamu kontrol, kita harus ingat masih ada maha besar Allah. Saya banyak membaca buku dan belajar dari oranglain,” ungkap Istri orang nomor satu di Babel ini.

Selain itu, Melati juga mengungkapkan pentingnya kolaborasi mulai dari yang tua hingga muda.

“ICSB ini menjadi suatu lingkungan positif yang bisa mendorong temen-temen pengusaha wanita untuk bisa bergerak lebih baik lagi. Pertama modalnya adalah semangat dulu, dengan semangat inovasinya akan muncul, “pungkasnya. (aci/imelda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 komentar

  1. Good day! Do you know if they make any plugins to
    help with SEO? I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but
    I’m not seeing very good gains. If you know of any please share.
    Many thanks! You can read similar blog here: Scrapebox AA List

  2. Wow, marvelous blog layout!
    How lengthy have you ever been running a blog for? you made running a
    blog look easy. The total glance of your site
    is great, as neatly as the content material! I read similar here prev next and those was wrote by Lucius88.

  3. Hello! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization?
    I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but
    I’m not seeing very good results. If you know of any please share.

    Thank you! I saw similar article here: Choose escape room

  4. I’ve been surfing on-line greater than three hours these days, but I never found any attention-grabbing article like yours. It is lovely price enough for me. In my view, if all webmasters and bloggers made good content material as you did, the net shall be much more useful than ever before!

  5. Good day! Do you know if they make any plugins
    to help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m not seeing
    very good success. If you know of any please share.
    Kudos! I saw similar text here: blogexpander.com

  6. Aw, this was an extremely nice post. Taking the time and actual effort to create a very good article… but what can I say… I put things off a lot and never seem to get nearly anything done.

  7. I needed to thank you for this great read!! I certainly loved every little bit of it. I’ve got you saved as a favorite to check out new things you post…

  8. I was more than happy to uncover this web site. I wanted to thank you for ones time for this fantastic read!! I definitely enjoyed every part of it and i also have you saved as a favorite to check out new information on your web site.