Nelayan Pongok Diminta Manfaatkan KUR untuk Operasional

PONGOK – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman megajak pelaku usaha perikanan atau nelayan di Pulau Pongok Kabupaten Bangka Selatan untuk memanfaatkan fasilitas Kridit Usaha Rakyat (KUR) di Bank BRI.

Gubernur mengimbau nelayan tidak ragu memanfaatkan fasilitas KUR, terlebih saat ini plafon KUR Mikro bisa mencapai Rp50 juta.

KUR yang merupakan program pemerintah untuk peningkatan ekonomi nasional, dirinya juga berharap adanya peningkatan produktivitas nelayan.

“Pakai KUR ini untuk operasional nelayan, jangan dipakai untuk hal lainnya,” ujar Gubernur.

Dalan kesempatan itu, gubernur membuka sesi dialog untuk mendengarkan langsung apa yang menjadi keluhan masyarakat.

Baca Juga  Jalankan Perintah Presiden, Dirjen Minerba Siap Fasilitasi Hiliriasi Timah di Babel

Rohadi  mewakili nelayan Pulau Pongok menyatakan kendala yang mereka hadapi disaat hasil tangkapan ikan nelayan melimpah namun harga akan ikan selalu anjlok.

“Kami mengeluhkan disaat hasil tangkapan ikan melimpah dengan jumlah yang banyak secara otomatis akan berdampak pada turunnya harga ikan. Kami membutuhkan tempat untuk menyimpan hasil tangkapan kami,” ujar Romad.

Gubernur Erzaldi mengatakan bahwa, saat ini pihaknya sedang menyiapkan fasilitas Cold Storage di pulau ini untuk mempertahankan mutu ikan hasil tangkapan nelayan dengan cara pembekuan.

Baca Juga  Polisi Gerebek Kontrakan di Toboali, Tersangka dan 13 Paket Sabu Diamankan

Dengan kata lain kehadiran Cold Storage bisa menjadi solusi akan terjaganya kualitas ikan maupun hasil tangkapan lainnya.

“Dan yang tak kalah penting, bahwa tahun ini akan didirikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN), sehingga harga BBM di sini akan sama harganya dengan yang ada di kota,” jawab Erzaldi.

Gubernur mengajak para nelayan untuk membentuk kelembagaan nelayan dengan pendampingan sarjana pendamping desa.

“Sehingga nantinya apabila sudah tersedia SPBN, Cold Storage, dan penguatan kelembagaan nelayan akan meminilasir para tengkulak bermain,” pungkasnya.

Baca Juga  Pulau Bangka Defisit Listrik 25 MW

Dalam kesempatan yang sama, gubernur didampinggi Forkopimda menyalurkan bantuan dari BAZNAS Babel kepada 100 Mustaqin Pulau Pongok masing masing uang tunai Rp500.000.

Kedatangan Gubernur Erzaldi ke Pulau Pongok turut didampinggi Kapolda Babel, Irjen Pol. Anang Syarif Hidayat, Ketua DPRD, Herman Suhadi, Danrem 045 Gaya, Brigjen TNI M Jangkung, Danlanal Babel, Kolonel Laut Dudik Kuswoyo, Kepala BPKP,  M.M Ikhwan Mulyawan, Sekdis DKP Babel, Kepala UPT Samsat Bangka Selatan, Kepala Desa, dan Tokoh Masyarakat. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *