Nah Lho! Aktivitas Bongkar Muat Tongkang Berisi 2000 Ton Tin Slag Dihentikan, PT Timah Diduga Pakai PBM Terblokir

PANGKALPINANG– Pengiriman 2000 ton tin slag (peleburan timah) milik PT Timah Tbk dari Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur ke Air Mesu Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah memasuki babak baru.

Dikutip dari radarbabel.co jaringan suarabangka.com, tongkang Samudra Bintan 90 yang memuat tin slag mengandung bahan radioaktif yang sebelumnya sandar di Pelabuhan Jeti Kerikil dikabarkan hendak bergeser ke Pelindo, Sabtu (13/11/2021).

Terbaru, tongkang masih berada di Pelabuhan Jeti Kerikil dan aktivitas bongkar muat terpaksa dihentikan.

”Kami di lokasi bang. Tapi kegiatan dihentikan sementara. Infonya sdg ada cek perijinan.Truk td disuruh pulang karena ada penundaan bongkar muat,” ujar sumber wartawan di Kepolisan.

Dikabarkan, agen kapal Shipping PT Mose Indonesia Group diduga tidak memiliki izin sandar dari otoritas pelabuhan Pangkalbalam.

Baca Juga  Polisi Periksa Pemilik Gudang Penampung Timah Ilegal, Kabid Humas Akan Rilis Tersangka

Bahkan diketahui, selain tongkang tidak memiliki izin sandar, PBM (Perusahaan Bongkar Muat) yang ditunjuk atau yang dipakai PT Timah registrasinya sudah terblokir dengan sistem minaforned karena tidak pernah membuat laporan. Jadi secara otomatis PBM tersebut sudah tidak bisa dipakai lagi.

Belakangan diketahui, jika perusahaan PT Delta yang memenangkan tender pembelian tin slag diduga anak perusahaan PT Timah sendiri.

Plt Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Pangkalbalam Pangkalpinang, Harlansyah mengatakan saat ini dirinya tidak lagi menjabat sebagai Plt KSOP.

“Abang bukan PLT ksop lagi sejak ksop definitif dilantik bulan April lalu. skg sudah ada ksop nya. Abang kembali jadi staf dindo dan bukan kewenangan abang menjawab. ada hirarki dlm tugas,” jawab Harlansyah dalam pesan WhatsApp, Sabtu (13/11/2021).

Baca Juga  H. Erzaldi Rosman Jabat Ketua, Mayjen TNI (Purn) Yani Basuki Lantik PW IPHI Babel

Kepala Seksi Lalu Lintas KSOP Pangkalbalam, Ferdi belum bisa dikonfirmasi meski sudah dihubungi dan dikirim pesan WhatsApp.

Bahkan, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PT Timah, Anggi Siahaan tak menjawab konfirmasi pesan WhatsApp yang tersampaikan.

Konfirmasi juga diupayakan ke agen kapal shipping PT Mose Indonesia Group.

Barang tersebut dikirim dari Belitung Timur dengan dokumen yang ditanda tangani KA Unit Produksi Belitung, Sigit Prabowo. Terak/Slag tersebut termasuk bahan radioaktif jenis rendah 1.

Diberitakan sebelumnya, sebuah tongkang baru bersandar di pelabuhan Jeti Kerikil dengan muatan penuh tin slag, Jumat (12/11/2021).

Terpantau di lokasi ada beberapa oknum aparat kepolisian bersenjata lengkap, pegawai PT Timah dan beberapa warga sipil.

Baca Juga  Bangun Jaya Sebut Kenaikan BBM Picu Inflasi

Menurut sumber, tin slag tersebut baru tiba dari pulau Belitung dan sandar di pelabuhan Jeti Kerikil. Dikabarkan diduga sudah dibeli oleh PT Delta yang akan dikirim ke Air Mesu Bangka Tengah.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Babel, Kombes (Pol) Haryo Sugihartono mengaku belum mengetahui adanya aktivitas ribuan tin slag.

” Mas, sblm ke saya alangkah baiknya konfirmasi ke otoritas pelabuhan. Beliau pasti yg lebih tahu kegiatan tersebut. Kita tdk tahu , tahu malah dari dirimu,” jawab Haryo melalui pesan WhatsApp, Jumat (12/11/2021).

Hingga berita ini ditayangkan pihak-pihak terkait masih dalam upaya konfirmasi. (RB/SB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar

  1. Hey! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get
    my site to rank for some targeted keywords but I’m not
    seeing very good success. If you know of any please share.
    Appreciate it! I saw similar blog here: Scrapebox AA List

  2. Wow, fantastic weblog layout!
    How lengthy have you ever been blogging for? you made running a blog look
    easy. The full look of your web site is fantastic, let alone the
    content material! I saw similar here prev next and those was wrote by Dennis67.